Kumpulan Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

Terkait Formula E, Anies Bakal Diperiksa KPK Hari Ini

Terkait Formula E, Anies Bakal Diperiksa KPK Hari Ini
Terkait Formula E, Anies Bakal Diperiksa KPK Hari Ini

Ironcross – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan pada Rabu (9/7) terkait penerapan Formula E Jakarta.

Ali Fikri, Kepala Seksi Pers KPK, mengatakan Anies sebagai pimpinan tertinggi tahu banyak tentang kejadian itu. Oleh karena itu, lanjutnya, KPK membutuhkan informasi dari Anies untuk mengusut implementasi Formula E.

“Dalam penyidikan KPK tentunya kita bisa mengundang semua pihak untuk mendapatkan konfirmasi dan klarifikasi dari tim penyidik ​​KPK sehingga jika ada yang membutuhkan keterangan pasti akan kita panggil,” kata Ali, Selasa (9/6).

Dia menjelaskan, klarifikasi diperlukan untuk mengumpulkan informasi guna menemukan dan mendeteksi dugaan kejadian kriminal. Ini juga untuk menindaklanjuti laporan masyarakat.

“Proses ini merupakan salah satu langkah yang memungkinkan KPK mendapatkan pemahaman awal atas dugaan tindak pidana tersebut,” jelas Ali.

Sementara itu, Wakil Presiden KPK Alexander Marwata mengatakan pihaknya akan menjajaki beberapa hal, termasuk kemungkinan kerugian nasional di ajang Formula E.

“Ketika ada aturan yang dilanggar atau disalahgunakan, negara rugi kan?” ujarnya.

Kemungkinan juga tim investigasi akan mengeksplorasi proses perencanaan Formula E dari awal, hingga pertanggungjawabannya, kata Alex.

Di sisi lain, KPK juga akan menjajaki apakah event mobil listrik akan menguntungkan. Sebab, sejak awal pihaknya melihat event balap elektrik sebagai tujuan komersial.

“Karena kalau tujuannya untuk berbisnis, mengingat nantinya akan menguntungkan, banyak turis yang akan datang untuk menginap dan mengembangkan ekonomi, dan itu yang perlu kita klarifikasi. Berapa anggarannya?” kata Alex.

Anies, di sisi lain, mengatakan akan datang untuk memenuhi panggilan KPK untuk memberikan informasi.

“Alhamdulillah, saya di sini untuk membantu menyelesaikan masalah,” kata Anis awal pekan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.