Kumpulan Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

Apakah Perbedaan Antara Thalassemia dan Anemia

Apakah Perbedaan Antara Thalassemia dan Anemia
Apakah Perbedaan Antara Thalassemia dan Anemia

Pada dasarnya Thalassemia dan Anemia merupakan dua penyakit sama-sama berkaitan dengan darah. Anemia lebih dikenal sebagai penyakit kurang darah merah, sedangkan Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik sehingga mengakibatkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemogoblin) tidak mampu berfungsi dengan normal.

Dokter spesialis anak, Prof. Dr. dr. Pustika Amalia Wahidiyat, Sp.A (K), menyebutkan bahwa anemia bisa diobati melalui makan banyak daging merah, ati ayam, dan lainnya. Namun sebaliknya, penderita Thalassemia justru harus menghindari kedua makanan tersebut.

Biasanya orang yang mengalami Thalassemia ini memiliki sedikit kadar hemogoblin yang berfungsi dengan baik sehingga tingkat oksigen di dalam tubuh sang pengidap ikut rendah.

Lalu, apa saja yang akan dialami oleh pengidap Thalassemia jika kekurangan oksigen di dalam tubuh?

1. Mudah mengantuk
2. Mudah Letih
3. Pingsan
4. Kesulitan Bernafas

Gejala Thalassemia

Gejala thalassemia yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahan dan tipe thalassemia yang diidap. Supaya bisa bekerja dengan normal, hemoglobin memerlukan 2 protein alfa dan 2 protein beta.

Komplikasi Thalassemia

Komplikasi thalassemia yang serius bisa terjadi jika tidak segera mendapat perawatan tepat. Komplikasi yang bisa muncul meliputi pertumbuhan yang terhambat, gagal jantung, kerusakan organ dalam tubuh, dan penyakit hati. Parahnya lagi, kematian dapat terjadi akibat komplikasi thalassemia parah yang tidak ditangani dengan serius.

Pengobatan Thalassemia

Thalassemia bisa diobati dengan dua metode perawatan, yaitu transfusi darah tali pusat dan transplantasi sumsum tulang. Namun, metode perawatan ini tidak cocok untuk semua pengidap thalassemia karena justru bisa mengakibatkan terjadinya sejumlah komplikasi.

Transfusi darah secara rutin sangat diperlukan bagi pengidap thalassemia beta. Namun, hal ini bisa berakibat menumpuknya zat besi di dalam tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Perawatan yang bertujuan menyingkirkan zat besi berlebih di dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan terapi kelasi.

Gejala Anemia

Gejala anemia yang paling umum adalah tubuh cepat merasa lelah dan terlihat pucat serta sering mengeluh kedinginan. Beberapa gejala lainnya yang mungkin terjadi, antara lain:

1. Selalu merasa mudah marah.
2. Sakit kepala.
3, Mengalami masalah sulit berkonsentrasi atau berpikir.
Sembelit.

Komplikasi Anemia

Komplikasi yang sering terjadi pada penyakit Anemia

1. Warna biru hingga putih pada mata.
2. Kuku menjadi rapuh.
3. Muncul keinginan untuk makan es batu, tanah, atau hal-hal lain yang bukan makanan (kondisi ini disebut juga “pica”).
4. Pusing ketika berdiri.
Warna kulit pucat.
5. Sesak napas.
6. Lidah terasa sakit.

Diagnosis Anemia

Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan darah dan tes lainnya untuk menemukan kondisi maupun jenis anemia yang diidap seseorang. Diagnosis dilakukan dengan cara pemeriksaan darah untuk mengetahui jenis umum dari anemia yang terdiri dari:

1. Kadar zat besi, vitamin B12, asam folat, serta vitamin dan mineral lainnya.
2. Jumlah sel darah merah dan kadar hemoglobin.
3. Jumlah retikulosit.

Pengobatan Anemia

Pengobatan berfokus pada penyebab yang mendasari terjadinya anemia. Masalah kesehatan ini sering kali terjadi karena tidak tercukupinya jumlah zat besi, vitamin B12, dan folat. Jadi, sebagian besar cara penangannya berfokus pada konsumsi suplemen. Meski begitu, pada beberapa kondisi, pengidap mungkin membutuhkan injeksi B12 karena tidak mampu diserap dengan baik dari saluran pencernaan.

Sementara itu, beberapa pilihan pengobatan lainnya adalah:

1. Transfusi darah.
2. Pemberian obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh.
Pemberian obat dengan tujuan untuk memperbanyak sel darah dalam tubuh, seperti suntikan eritropoietin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.